PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

PPID Utama

DUKUNG PROGRAM UPSUS, BPSIP ACEH LAKUKAN PERCEPATAN TANAM PRODUKSI JAGUNG KABUPATEN ACEH TENGGARA




 [Kotacane, 30 Januari 2024] Dalam rangka mendorong peningkatan produksi dan produktivitas jagung, Kementerian Pertanian melalui Program Upaya Khusus (Upsus) menggenjot produksi jagung di beberapa wilayah yang memiliki potensi, salah satunya adalah di kabupaten Aceh Tenggara. Untuk mendukung program tersebut, Tim Upsus BPSIP Aceh melakukan koordinasi ke Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara dalam rangka penguatan kapasitas penerap standar pertanian mendukung Upsus komoditas tanaman jagung Tahun 2024 pada tanggal 23-27 Januari 2024.

 
Tim BPSIP Aceh yang diketuai oleh Lamhot Edy Pakpahan, SP., M.Si berkoordinasi langsung dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara, Riskan SP., M.Si yang didampingi oleh Kepala Seksi Tanaman Pangan, Effendi, SP. Ketua tim menyampaikan bahwa untuk mendorong percepatan tanam komoditi jagung di Kabupaten Aceh Tenggara maka akan dilaksanakan kegiatan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan.
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara menyambut baik dan mendukung penuh program Upsus ini serta sangat mengharapkan upaya pendampingan dapat dilakukan secara maksimal guna peningkatan kualitas dan kuantitasnya. Hasil dari koordinasi juga ditetapkan lokasi pelaksanaan pendampingan tersebut berada di 3 kecamatan, yaitu kecamatan Lawe Sigala, kecamatan Tanoh Alas, dan kecamatan Semadam, dimana ketiga kecamatan ini merupakan sentra produksi jagung di Kabupaten Aceh Tenggara.
 
Setelah melakukan koordinasi, Tim BPSIP Aceh juga melakukan kunjungan lapang ke tiga lokasi terpilih. Di ketiga lokasi kecamatan tersebut, tim melakukan identifikasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang akan mengikuti bimtek dan pendampingan. Diharapkan bimtek dan pendampingan yang akan dilaksanakan nantinya dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam budidaya jagung sehingga dapat meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Aceh Tenggara baik secara kuantitas dan juga kualitasnya.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Panglima Nyak Makam No. 27, Lampineung - Banda Aceh 23125

Hubungi:

HP & WA: 082160061211
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset