PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Mentan Panen Jagung di Aceh, Yakin Indonesia Bisa Kembali Ekspor Jagung




[Aceh Besar, 6 Februari 2024] Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Propinsi Aceh, tepatnya ke Desa Deunong Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Kunker kali ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama Kementerian Pertanian dengan panglima TNI pada akhir 2023 lalu mengenai dukungan pelaksanaan pertanian, dimana didalamnya terdapat kesepakatan untuk bekerjasama meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian Indonesia.
 
Salah satu wujud dari kerjasama ini adalah kegiatan panen sekaligus tanam jagung pada lahan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) seluas Lima Hektare (Ha). Dalam kegiatan ini Mentan didampingi oleh Pangdam TNI, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya dan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. 
 
Usai kegiatan panen dan tanam jagung, Amran mengatakan bahwa panen dan tanam jagung di Aceh ini merupakan gerakan pangan Indonesia, tidak hanya untuk konsumsi tapi juga gerakan kemanusiaan dimana jagung yang dihasilkan bisa untuk disumbangkan. Lebih lanjut Amran mengatakan keyakinannya bahwa Indonesia akan kembali bisa melakukan ekspor seperti yang pernah terjadi pada tahun 2017-2019.