PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kawal Percepatan Tanam, BSIP Aceh Ikut Serta Penanaman Lahan Tusip di Aceh Tenggara




 [Aceh Tenggara, 15 Mei 2023] Dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan percepatan tanam padi gogo sebagai mendukung kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) yang menjadi program besar Mentan Andi Amran Sulaiman. BSIP Aceh turun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Babinsa serta penyuluh lapangan. 

 
Saat ini kegiatan percepatan tanam si Kabupaten Aceh Tenggata fokus dilakukan di Kecamatan Semadam dan Darul Hasanah. Kegiatan tersebut turut dihadiri Kabid Perkebunan Aceh Tenggara Hendra, SE. MM, LO BSIP Aceh untuk Aceh Tenggara Lamhot Edy Pakpahan, SP, Koordinator BPP Kec. Semadam Siti Maria, SP, dan Babinsa Serka Muhammad Ali.
 
Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Riskan, SP., MM menyampaikan dukungan terhadap kegiatan Tumpang Sisip (Tusip) padi gogo di lahan perkebunan dan telah melakukan serah terima benih padi kepada petani pelaksana program Tusip. Penyaluran benih di Aceh Tenggara telah mencapai 80 Ha yang terdiri atas Kecamatan Semadam 55 Ha, Kecamatan Leuser 18 Ha dan Kecamatan Darul Hasanah 7 Ha. 
 
Ketua Poktan Saurdoot Nelson Siagian mengatakan bahwa “Petani menyambut baik upaya kegiatan Tusip sehingga di lahan sawit miliknya dapat ditanami padi gogo untuk peningkatan pendapatan”. Selain itu, Ketua poktan Laure, Yunus Bukit mengharapkan “Adanya pelatihan budidaya padi gogo karena petani pertama kali melakukan budidaya padi darat (gogo)”. 
 
“Kami pertama kali melakukan penanaman padi darat, tetapi sudah terbiasa dengan budidaya padi sawah. Kami yakin bisa mendapatkan hasil yang baik, tetapi perlu terus didampingi” ujar Ketua poktan batu dokan, Ainal Aidin.
 
Tim juga melakukan survei lokasi untuk penanaman tahap lanjutan di Kecamatan Leuser yang didampingi Kasie Produksi, KJF Penyuluh Pertanian, Babinsa dan Koordinator BPP Samsul Bahri.