PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

PPID Utama

TIM ICARE BSIP LAMPUNG IKUTI TRAINING MANAJEMEN EXPORT DI GAYO MANDIRI




 [Aceh Tengah & Bener Meriah, 22 Mei 2024] Dalam rangka akselerasi dan pengembangan SDM guna mendukung tugas dan fungsi standardisasi instrumen pertanian, BSIP terus melakukan berbagai program dan kegiatan pendukung seperti training jangka pendek dan menengah untuk kebutuhan kompetensi SDM-nya. 

Diantara program tersebut adalah menyelenggarakan pelatihan (training) tentang kelembagaan koperasi pada kegiatan ICARE oleh Tim BSIP Lampung dan beberpa orang perwakilan dari kabupaten Tanggamus yang merupakan salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut selama tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 Mei 2024. 

Akhmad Ansyori selaku Ketua Tim menyebutkan bahwa peserta yang tergabung pada program training Manajemen Eksport tersebut berjumlah 11 orang terdiri dari BSIP Lampung 5 orang, 2 orang dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus, 3 orang dari Dinas KTPH Kabupaten Tanggamus yang merupakan korluh dari 3 kecamatan (Pulau panggung, Air Naningan dan Kecamatan Ulu Belu) dan 1 orang dinas koperindag ke Provinsi Aceh

“Melalui Kelembagaan Koperasi kegiatan ICARE, kita berharap peserta dapat mendalami sedetail mungkin kisah sukses yang dilakukan oleh CV Gayo Mandiri Coffee dan juga Buana Mandiri” tegas Ansyor. 

Sementara itu Internal Control System (ICS) CV Gayo Mandiri Coffee Iznal, S.T yang juga Narasumber pada kunjungan tersebut menyebutkan bahwa seluruh produk yang mereka ekspor sudah tersertifikasi organik. Sedangkan proses produksi kopi gabah menjadi Greenbean dilakukan oleh koperasi Buana Mandiri Dua.

Iznal menambahkan Koperasi Gayo Mandiri sudah melakukan ekspor kopi sejak tahun 2015 dengan jumlah rata rata ekspor per tahun mencapai 40 container (800 ton) dengan  tujuan ekspor ke Benua Amerika. 

Dia juga menyampaikan untuk aspek pemberdayaan petani kopi, ada sekitar 1400 petani yg dibina Koperasi Buana Mandiri yang berkerjasama dengan dinas terkait di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh (HY).

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Panglima Nyak Makam No. 27, Lampineung - Banda Aceh 23125

Hubungi:

HP & WA: 082160061211
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset