PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Tim BPPSDM Pertanian dan BSIP Aceh MONEV kegiatan pompanisasi di Kabupaten Aceh Tengah




 Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah melalui Kepala Bidang Hortikultura dan Tanaman Pangan  mengharapkan agar pompa yang belum dibagikan agar segera ditealisasikan untuk kelompok tani sehingga dapat segera mengolah tanah dalam masa tanam bulan Agustus mendatang. Lebih lanjut Kabid Hortikultura dan Tanaman Pangan juga akan memastikan ketersediaan benih padi untuk 135 Ha lahan sawah yang masuk dalam program upsus padi di Kabupaten Aceh Tengah. Untuk saat ini varietas padi yang cocok dan potensial serta diminati petani yaitu varietas INPARI28 yang sudah beradaptasi dan teruji di kabupaten ini.

 
Kegiatan pompanisasi untuk mendukung upsus padi di Kabupaten Aceh Tengah sendiri mendapat bantuan pompanisasi sebanyak 3 unit yang telah didistribusikan ke kelompok tani Genensa Desa Ujung Gele Kecamatan Pegasing, kelompok tani Musara Ujung Desa Ujung Gele Kecamatan Pegasing dan kelompok tani Tetakur Desa Toweren Antara Kecamatan Lut Tawar.
 
Firdaus,SP. M.Si selaku penanggungjawab kegiatan Kabupaten Aceh Tengah mengharapkan atas terealisainya 3 unit pompa dengan merek Kubota 6 inchi di kelompok tani dapat mengairi 32 ha lahan sawah yang akan di tanam bulan Juli nanti. Dengan adanya pompanisasi maka lahan pertanian tidak kesulitan air di kabupaten Aceh Tengah karena kebutuhan air bisa tercukupi.
 
Ardinalsyah selaku ketua Kelompok Genensa Desa Ujung Gele Kecamatan Pegasing berterima kasih dan bersemangat dengan adanya bantuan ini untuk sawah kami yang di bagian ujung bisa terairi.
 
Ikut hadir di lapangan tim Monitoring dan Evaluasi dari BPPSDM Pertanian, Kabid Pangan dan Hortikultura, Kabid PSP dan Bati Bintahwil Kodim 0106 Aceh Tengah dan Babinsa dan Penyuluh Pertanian.