PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

PPID Utama

Lakukan Persiapan Olah Tanah, Langkah Awal Siap Untuk Produksi Benih




 [Aceh Jaya, 31 Juli 2024] Tim produksi benih bersama PBT Korwil Aceh Jaya, BPSB Aceh melakukan pengawasan persiapan olah tanah di Desa Pasi Geulima, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan produksi benih padi bermitra dengan kelompok tani Ingin Maju Bersama seluas 3 Ha. Proses olah tanah dilakukan dengan pembersihan lahan, olah kasar dan halus.

 
Ketua pelaksana Musrijal menyampaikan bahwa “Pengolahan tanah akan dilakukan dengan bajak besar sehingga penyelesaian bisa lebih cepat. Pengolahan tanah akan dibantu dengan pengairan melalui pompanisasi jika belum terjadi hujan. Kelompok tani memiliki pompa untuk mengalirkan air sehingga dapat mengatasi kekeringan lahan”. 
 
Penanggung Jawab kegiatan, Asis, M.P, juga menyapaikan bahwa upaya percepatan pengolahan tanah dilakukan untuk mengejar waktu tanam pada produksi benih padi kelas benih pokok (BP/SS) sebesar 25 ton yang tersebar di Aceh Besar dan Aceh Jaya. “Realisasi tanam yang tepat waktu dapat meningkatkan ketersediaan benih sumber padi pada musim tanam rendeng”, Ujarnya.
 
Tim kegiatan selanjutnya melakukan penyerahan benih sumber padi (kelas BD/FS) varietas Mekonga dan Inpari 32 pada Kelompok Tani mitra sehingga dapat dilakukan persemain bersamaan dengan pengolahan tanah.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Panglima Nyak Makam No. 27, Lampineung - Banda Aceh 23125

Hubungi:

HP & WA: 082160061211
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset