PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

BSIP Aceh Ikut Meninjau Uji Coba Mesin Pompa Air di Bireuen




 [Bireuen, 1 Agustus 2024] Bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Kepala BSIP Aceh Firdaus, S.P., M.Si menuju ke Gandapura, Bireuen tepatnya ke Gampong Paloh Kayee Kunyet pada Kamis 25 Juli 2024 dalam rangka mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Inovasi Pengelolaan Irigasi Ir. Hendri Sosiawan, CESA dan Kepala Balai Besar PSI Pascapanen Pertanian Dr. Asmarhansyah untuk uji coba pompanisasi embung di desa tersebut.

 
Pj Keuchik Gampong Paloh Kayee Kunyet Ghazali mengatakan, embung atau waduk berukuran 5000 meter persegi yang bertujuan untuk mengatur air sawah yang luasnya sekitar 25 hektar itu sudah dibangun tahun 2020 pada program PNPM dengan hanya memakai pompa yang sudah lama dengan kondisi sering rusak dan butuh perbaikan.
 
Agar aliran air dari embung dapat terdistribusi dengan optimal ke persawahan masyarakat, Kementerian pertanian melalui program pompaninasi telah memasang 1 unit mesin berlabel SNI merk Yanmar 16 PK.  Proses uji coba mesin juga dihadiri oleh Koordinator Balai Pertanian Kecamatan Gandapura, Mahmudin, Mantri tani Kecamatan Gandapura Muhammad dan Pendamping lokal desa setempat Muhammad Idris serta perangkat desa dan para petani.
 
Teknis pengujian pompa dilakukan dengan cara menempatkan mesin dalam rumah pompa yang terletak dekat embung. Pipa ukuran besar yang merupakan bagian dari pompa diarahkan ke tempat penampungan dan selanjutnya dialirkan ke sawah warga melalui saluran cacing. Pengujian mesin pompa ini berjalan lancar dan sukses dimana mesin pompa dapat mengalirkan air dari embung menuju persawahan sesuai harapan. Sangat diharapkan nantinya dari pemasangan unit pompa ini dapat menunjang proses penanaman padi sehingga produksi padi tidak mengalami penurunan meskipun dilanda ancaman kemarau panjang.