PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

BSIP Aceh Ikut Serta Galakkan Pompanisasi Seluruh Wilayah Aceh




 [Banda Aceh, 9 Agustus 2024] Untuk mengantisipasi darurat pangan yang diprediksi akan terjadi karena musim kemarau berkepanjangan, BSIP Aceh selaku salah satu satker dibawah Kementerian Pertanian ikut andil dalam kegiatan pompanisasi. Kegiatan pompanisasi ini lebih digalakkan mengingat kebutuhan air merupakan hal yang paling essensial. Kondisi demikian menjadikan kebutuhan pompa akan meningkat seiring dengan adanya sumber air.

 
Kementerian Pertanian memastikan pompanisasi dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai kondisi saat ini, sehingga pasokan air mencapai lahan pertanian untuk percepatan tanam dan menyelamatkan tanaman padi dari ancaman kekeringan.
 
BSIP Aceh membantu merealisasikan target pompanisasi tersebut dengan mengumpulkan data usulan pompa melalui Anggaran Biaya Tambahan (ABT) untuk mendata kembali kebutuhan pompa sesuai dengan kondisi eksisting di lapangan, membantu proses penyaluran, proses penyerahan dan pemasangan hingga berfungsi dengan baik di wilayah Kabupaten/Kota seluruh Provinsi Aceh.
 
Oleh karena itu, Kepala BSIP Aceh beserta seluruh tim Satgas Pompanisasi melaksanakan rapat perkembangan kegiatan tersebut di masing-masing wilayah. Rapat dilaksanakan di Aula BSIP Aceh pada Jumat, 9 Agustus 2024. Hasil dari diskusi bersama ditemukan beberapa kendala di lapangan dan bersama-sama mencari solusi terbaik agar target dan segera tercapai.