PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

PPID Utama

TIM BPSIP ACEH LAKUKAN ROGUING PRODUKSI BENIH JAGUNG DI LEMBAH SEULAWAH




 [Aceh Besar, 3 September 2024] BPSIP Aceh merupakan UPT Kementerian Pertanian yang berada di Provinsi Aceh, terus berupaya mendukung program strategis Kementerian Pertanian dalam meningkatkan produksi pangan nasional, salah satu program BPSIP Aceh tahun ini adalah melakukan kegiatan produksi benih jagung di Desa Saree Aceh, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar pada Senin 2 September 2024.

 
Penjab. Kegiatan Dr. Didi Darmadi, S.P., M.Si  bersama tim, didampingi oleh Petugas BPSB wilayah Lembah Seulawah  Hasbi, S.P melakukan roguing pada tanaman jagung untuk menghasilkan benih di kelompok tani Sejahtera, Desa Saree Aceh, Lembah Seulawah, Aceh Besar. Tujuan roguing adalah untuk mempertahankan kemurnian benih dan mutu genetik dari suatu varietas. Dalam memproduksi benih jagung diperlukan pengawasan yang ketat terhadap petani mitra agar produksi optimal. Varietas yang diperbanyak yaitu varietas Sukmaraga dan Bisma.
 
Pelaksanaan roguing ini dilaksanakan di 2 lokasi yang berdekatan di desa yang sama yaitu Desa Saree Aceh. Dalam pelaksanaan roguing tersebut juga hadir ketua kelompok tani Sejahtera dan anggota kelompok tani lainnya untuk bersama-sama melihat proses roguing yang dilakukan oleh petugas BPSB.
 
Pelaksanaan roguing untuk melihat perbedaan pada tanaman jagung di lokasi penanaman. Perbedaan itu bisa dapat dilihat langsung dengan membedakan warna pinggir daun, warna batang dan sudut daun tanaman. Ketua kelompok tani Sejahtera bapak Mustaji menyampaikan bahwa beliau dan anggota kelompok taninya jadi belajar kembali cara melakukan kegiatan roguing pada tanaman jagung.  (DD)
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Panglima Nyak Makam No. 27, Lampineung - Banda Aceh 23125

Hubungi:

HP & WA: 082160061211
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset