PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

PPID Utama

Pemupukan Pada Produksi Benih Padi BSIP Aceh




[Aceh Jaya, 26 September 2024] Tim produksi benih padi melakukan pengawasan pemupukan tahap I pada lahan yang menjadi area produksi benih padi di Poktan Ingin Maju Bersama, Desa Pasie Geulima, Teunom, Aceh Jaya (Rabu, 25 September 2024). Pemupukan dilakukan saat umur tanaman 15 HST sehingga dapat mempercepat pemenuhan hara bagi tanaman padi. Pemupukan dilakukan dengan dosis rekomendasi 150 kg/ha NPK, 250 kg/ha Urea, TSP 75 kg/ha, dan KCL 50 kg/ha untuk meningkatkan produktivitas tanaman. 

Petani kooperator, Musrijal menyampaikan “Pemupukan tahap I dilakukan tepat waktu untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pertambahan anakan padi”. Begitu pula dengan Penjab Kegiatan, Asis, MP menyampaikan “Pemupukan tahap I diberikan hanya 1/3 dari dosis pupuk rekomendasi karena tanaman masih berumur sangat muda, sehingga akan dilakukan pemupukan susulan pada umur tanaman 25-30 HST dengan 2/3 dosis rekomendasi. Pemupukan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi dan perbanyakan anakan padi yang sedang aktif tumbuh pada awal vegetatif tanaman padi” ujarnya.

Pemupukan dilakukan pada kondisi lahan terairi sehingga mempercepat penyerapan hara tanaman. Kondisi cuaca pada lahan produksi sedang pada kondisi curah hujan yang intens sehingga pemupukan dilakukan pada cuaca cerah.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Panglima Nyak Makam No. 27, Lampineung - Banda Aceh 23125

Hubungi:

HP & WA: 082160061211
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset